Dua Hari Raya Di Dua Negara

hari-raya-indonesia Bagi yang tak mengenal Malaysia dan indonesia dengan dekat akan menyangka kedua negara ini seperti saudara kembar, sama dan serupa. Sebenarnya ada banyak perbedaan lebih banyak dari persamaan. Jangaan terpedaya dengan slogan Indonesia dan Malaysia adalah saudara serumpun. Itu hanya omong kosong yang sering digunakan sebagai propaganda masa konfrontasi. Rakyat Malaysia sendiri terdiri dari berbagai kaum berasal dari rumpun berbeda dan Indonesia juga begitu. Perbedaan itu memberi keseronokan pengalaman tersendiri bagi yang megalami. Diantara perbedaan itu adalah sikap dan komiymen dalam menyambut dua perayaan besar yaitu Iidil Fitri bagi kaum Muslim dan Tahun Baru Cina bagi kaum Tionghoa.

Saya mulai dengan Tahun Baru China. Di Malaysia sambutan tahun baru cina disambut begitu meriah. Apabila perayaan ini makin dekat maka banyaklah promosi dan jualan murah bertema Gong xi fa chai. Radio dan tv pun melancarkan program bertema Tahun Baru Cina. Sebagai pekerja kilang saya juga merasakan kemeriahannya, ada angpau dan dan limau mandarin free dari pihak kilang. Tapi lain cerita di Indonesia. Sebelum tahun 2000 hanya kaum keturunan Tionghoa yang tahu wujudnya perayaan Tahun Baru Cina, dan mereka merayakan secara senyap dalam rumah tertutup. Pada tahun 2000 barulah mereka diberi kebenaran membuat perayaan Tahun Baru Cina secara terbuka, dan pada tahun 2012 pertama kali perayaan Tahun Baru Cina dimasukkaan sebagai cuti umum di Indonesia dengan nama hari Imlek. Namun hingga hari ini perayaan ini masih tidak populer dan dirayakan dengan sangat berhati hati bahkan orang awam masih tak faham apa arti Gong xi Fachai.

Mengenai Hari Raya Aidil Fitri @ Idul Fitri. Walaupun kedua negara Indonesia dan Malaysia sama mempunyai penduduk mayoritas Muslim namun tetap jua bebeda. Idul Fitri disambut meriah di Dia negara ini tapi berbeda komitmen. Di Indonesia seminggu sebelum tibanya Idul fitri para pekerja sudah digembirakan dengan THR (Tunjangan Hari Raya) berupa bonus sebulan gaji. Dan disusul dengan hamper dan pastinya akan ada cuti bersama sebelum dan sesudah Lebaran. Beza dengan Malaysia, Jangan mimpi adanya bonus raya dan hamper yang ada pinjaman raya satu kali potong gaji, cuti pula kenalah mohon awal untuk diprtimbangkan mungkin akan dipangkas atau batalkan. Walau bagaimanapun perayaan Aidil Fitri tetap meriah tanpa ihsan dari pihak atasan.

Selamat Hari Raya Idul Fitri dari Admin dan webmaster boneputra.com

Mohon mahaf Zahir dan Bathin

Kongsikan

Leave a Reply